Hukum Kedua Termodinamika Membantah Evolusi?

Evolusi dari makhluk hidup sederhana menjadi makhluk yang lebih beragam & lebih kompleks, tidakkah itu bertentangan Hukum Kedua Termodinamika? Tidak! Hukum fisika itu sering disalahgunakan atau disalahmengerti untuk membantah hukum evolusi.

Ada beberapa cara mendefinisikan atau membunyikan Hukum Kedua Termodinamika itu. Salah satu definisi yang mudah dipahami oleh orang awam adalah sebagai berikut:
"Dalam suatu sistem yang terisolasi, tidak mungkin derajat ketidakberaturan (entropy) totalnya berkurang seiring berjalannya waktu".

Bumi bukanlah sistem yang terisolasi atau tertutup. Bumi menerima energi dari sinar matahari. Bumi juga menerima hantaman massa dari luar angkasa, seperti meteor, asteroid, & lainnya. Jadi, sangat mungkin di bumi terjadi evolusi makhluk hidup dari bentuk  sederhana menjadi bentuk yang lebih beragam atau lebih kompleks.

Bahkan pada sebuah sistem terisolasi pun, bukan tidak mungkin ada bagian dari sistem itu yang derajat ketidakberaturannya berkurang. Sebab, yang ditegaskan adalah nilai total (netto) derajat ketidakberaturan sistem itu, bukan derajat ketidakberaturan bagian-bagian dari sistem itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya