Helikopter Tanpa Baling-baling Ekor

Tanya: Mengapa helikopter dengan dua baling-baling horisontal ini tidak memiliki ekor yang berbaling-baling vertikal seperti pada helikopter sederhana dengan satu baling-baling horisontal?

Jawab: Baling-baling ekor pada helikopter sederhana, bertujuan untuk mencegah badan helikopter terpuntir akibat efek hukum ketiga Newton. Bunyi hukum ketiga Newton: "Suatu aksi akan menimbulkan reaksi yang sama besarnya tetapi dalam arah yang berlawanan". Ketika helikopter beraksi memutar baling-baling utamanya (horisontal), maka saat yang sama baling-baling utama itu juga bereaksi memuntir badan helikopter dalam arah putaran yang berlawanan. Nah, baling-baling kecil di ekor itu, bertujuan untuk mengimbangi atau mengendalikan efek puntiran itu.

Pada helikopter dengan dua baling-baling utama horisontal, ekor berbaling-baling vertikal tidak diperlukan lagi. Sebab, dua baling-baling utama horisontal itu saling berputar dalam arah yang berlawanan, sehingga sudah saling mengimbangi atau saling mengendalikan puntiran. Pengendalian efek puntiran juga berguna untuk mengubah arah helikopter.

(photo credits: Steven Galimore).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya