Lamban tetapi Bertahan, Malas tetapi Menyintas

Bagaimana bisa hewan sloth yang lamban ini bisa lolos seleksi alam? Tampak malas & tak berdaya, bukankah ia mudah dimangsa oleh predator? Gerakannya yang serba lambat tampak tidak cocok dengan ukuran tubuhnya. Sloth jenis berjari dua, panjangnya sekitar 58-70 cm & beratnya 4-8 kg. Hewan mamalia ini juga tak punya senjata yang cukup berarti, kecuali cakarnya yang lebih berfungsi untuk merayap & bergelantungan di dahan pohon. Makanannya terutama adalah buah-buahan, kulit pohon, zat tanaman lainnya. Gerakannya yang lamban adalah adaptasi untuk menghemat energi, & bersesuaian pula dengan sistem pencernaan & metabolismenya.

Habitat asli sloth ada di hutan tropis Amerika selatan & tengah. Komposisi ekologi di habitat aslinya membuat sloth bisa menyintas (survive). Sloth sangat sedikit memiliki hewan pemangsa (predator). Karena banyak menghabiskan waktunya bergelantung di dahan pohon yang tinggi, ia sulit untuk dimangsa. Gerakan sloth yang serba lambat juga tidak mudah menarik perhatian pemangsa. Bulu sloth yang tebal kadang-kadang menjadi tempat berkembang biak tumbuhan ganggang (algae). Ganggang itu membuat warna bulu sloth menjadi cokelat agak kehijauan, sehingga agak membantu menyamarkan sloth jika bergelantung di dahan yang berdaun.

Kita mengira bahwa alam selalu menyukai hewan "rancangan cerdas" yang kuat atau cepat, beracun atau bersenjata, penipu atau penyamar, tetapi tidak selalu demikian. Seleksi alam juga meloloskan hewan yang lamban & tampak tak berdaya seperti sloth ini. Hewan lamban lain yang sangat terkenal adalah bekicot yang selalu membawa rumahnya kemana-mana. Evolusi & seleksi alam sekali lagi mengejutkan kita dengan ketidakterdugaannya: yang lamban & malas pun bisa bertahan & menyintas. Tidak ada standar makhluk ideal di alam. Segalanya kondisional & temporal. Ber-evolusi terus & tampak kebetulan, tetapi mengagumkan.

Kepustakaan:

Glenn Murphy, Evolution, Nature, & Stuff (Macmillan Publishers, 2010).

Animals and Their Habitats: Tropical Regions and Rain Forests (Amber Books, 2012).

The Miles Kelly Book of Life (Miles Kelly, 2008).

"Sloth: mammal" (Wikipedia).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya