Evolusi Kadal yang Terlihat dalam Puluhan Tahun

Tahun 1971 mulai diadakan suatu percobaan biologi yang penting. Lima pasang kadal Podarcis Sicula (kadal Mediterania) dari pulau Pod Kopiste dipindahkan ke pulau Pod Mrcaru di pantai Kroasia. Di pulau Pod Mrcaru, sebelumnya tidak ada kadal itu. Lima pasang kadal itu dilepas ke alam liar di pulau mereka yang baru itu.

Di pulau asalnya, Pod Kopiste, makanan utama kadal Podarcis Sicula itu adalah serangga. Tahun 2008, para biologiwan datang untuk yang kesekian kalinya ke pulau Pod Mrcaru, bermaksud melihat apa yang terjadi dengan keturunan dari lima pasang kadal itu. Ternyata kadal itu telah berkembang biak dan mulai memakan lebih banyak tumbuhan, padahal kadal jenis itu di pulau asalnya masih memakan serangga sebagai menu utamanya.

Bukan itu saja. Kadal itu juga telah mengalami perubahan fisik yang cukup berarti. Kadal yang di pulau Pod Mrcaru itu telah ber-evolusi menjadi kadal dengan kepala yang lebih lebar, lebih panjang, & lebih tinggi dari kadal leluhur mereka di pulau sebelumnya. Yang lebih mengagumkan lagi adalah, organ dalam tubuh kadal itu juga ber-evolusi menyesuaikan dengan makanan mereka yang berupa tumbuhan. Katup caecal berkembang pesat di organ pencernaan kadal itu.

Percobaan di alam liar itu membuktikan prediksi teori evolusi. Suatu spesies yang terpisah secara geografis dengan kondisi alam yang berbeda, bisa ber-evolusi menghasilkan spesies yang saling berbeda seiring berjalannya waktu.

Kepustakaan:

Richard Dawkins, The Greatest Show on Earth: the evidence for evolution (Free Press, 2009).

"Italian wall lizard" (Wikipedia).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya