Pendukung Awal Teori Darwin di Amerika

Asa Gray (1810-1888), adalah profesor biologi tumbuhan (botani) di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Beliau adalah teman surat-menyurat Charles Darwin, bahkan sejak sebelum buku Darwin The Origin of Species terbit tahun 1859 di Inggris. Gray semula berpendidikan dokter, tetapi kemudian ia lebih tertarik mendalami dunia tumbuhan.

Berbeda dengan Darwin yang agak agnostik, Gray adalah seorang Kristen yang sangat percaya Alkitab. Walau begitu, Gray setuju & mendukung gagasan Darwin tentang seleksi alam & asal-usul makhluk hidup. Gray boleh dibilang sebagai ilmuwan terdini yang membela gagasan Darwin di Amerika Serikat. Bahkan, Gray menegaskan bahwa teori Darwin tidak bertentangan dengan iman Kristen.

Sikap politik dari Asa Gray adalah anti sistem perbudakan. Walau Gray adalah seorang berkulit putih, beliau pernah mengajarkan Alkitab ke anak-anak berkulit hitam di sekolah Minggu. Bagi Gray, semua ras manusia adalah sederajat & sama mulianya.

Peristiwa yang ironis terjadi. Asa Gray, biologiwan Kristen & pembela teori Darwin, melakukan debat publik dengan Louis Agassiz (1807-1873), sesama profesor di Harvard. Agassiz adalah profesor geologi, penganut Unitarian, sekaligus tidak percaya kepada teori Darwin. Ia juga seorang rasialis, meyakini bahwa sebagian ras manusia lebih rendah dari ras manusia lain.

Asa Gray membukukan kumpulan tulisannya tentang gagasan Darwin & penegasannya bahwa teori evolusi tidak bertentangan dengan iman Kristen. Buku itu diberinya judul Darwiniana.


Kepustakaan:

Francis S. Collins, The Language of God (Free Press, 2006).

Stanley A. Rice, Encyclopedia of Evolution (Facts On File, 2007).

Asa Gray, Darwiniana: Essays & Reviews Pertaining to Darwinism (D.  Appleton & Company, 1876).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya