Sang Inspirator bagi Para Guru Biologi

Semasa remaja, beliau hidup dalam situasi gonjang-ganjing revolusi Rusia. Tamat dari Universitas Kiev sebagai biologiwan. Mengajar genetika di Institut Politeknik Kiev dan Universitas Leningrad. Pada tahun 1927 beliau pergi ke Amerika Serikat, dan akhirnya menetap di sana. Beliau adalah Theodosius Dobzhansky (1900-1975), salah satu biologiwan besar yang ikut berhasil mengawinkan teori seleksi alam dari Charles Darwin dengan teori genetika dari Gregor Mendel, sehingga menghasilkan teori evolusi modern (sintesis modern) di era 1930an-1940an. Buku Dobzhansky yang monumental adalah Genetics and the Origin of Species (1937).

Dobzhansky adalah seorang Kristen religius. Ia adalah anggota aktif Gereja Ortodoks Rusia. Baginya teori evolusi tidak bertentangan dengan iman Kristen. Ia beranggapan bahwa proses evolusi juga menghantarkan manusia memasuki kesadaran spiritual. Ia menuangkan pemikirannya itu dalam bukunya, The Biology of Ultimate Concern (1967).

Salah satu pernyataannya yang terkenal dan sering dikutip adalah, "nothing in biology makes sense except in the light of evolution", atau "tiada yang masuk akal dalam biologi kecuali diterangi oleh evolusi", atau "tanpa pencerahan dari evolusi, maka semua hal dalam biologi menjadi tidak masuk akal". Pernyataannya itu sebenarnya adalah judul tulisannya di jurnal The American Biology Teacher (1973). Beliau menjadi inspirator bagi para guru sains pada umumnya, dan guru biologi pada khususnya, untuk tidak ragu mengajarkan teori evolusi kepada para siswa.

Kepustakaan:

Francis S. Collins, The Language of God (Free Press, 2006).

Stanley A. Rice, Encyclopedia of Evolution (Facts on File, 2007).

Theodosius Dobzhansky, "Nothing in Biology Makes Sense Except in the Light of Evolution" (The American Biology Teacher, vol. 35, No. 3, March 1973).

National Geographic Indonesia, Februari 2009.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya