Ikan Berkepala Transparan

Ikan berkepala transparan ini hidup sekitar 600-800 meter di kedalaman laut dengan tekanan hidrostatik yang besar. Apa yang Anda lihat sebagai mata, sebenarnya adalah lubang hidung. Matanya terletak di dalam kepalanya yang tembus pandang itu. Tampak matanya sebagai tabung dengan bulatan lensa hijau. Ikan Macropinna microstoma itu disebut sebagai ikan "mata tong" atau ikan "tong" oleh majalah National Geographic Indonesia.

Sepintas mata ikan tong itu hanya bisa melihat ke atas. Para biologiwan pun semula mengira begitu, tetapi kemudian diketahui bahwa mata ikan tong dapat bergerak. Pada posisi menghadap atas, ikan itu mengawasi gerakan mangsanya, misalnya krill (udang kecil halus) yang sedang bergerak turun. Kemudian, matanya bisa bergerak menghadap ke arah depan untuk menuntun ikan itu melahap mangsanya.

Ikan dengan mata yang ada di dalam kepala yang transparan itu, menunjukkan bahwa evolusi sering menghasilkan berbagai variasi yang tidak terduga. Entah spesies dengan variasi apa lagi yang akan ditemukan, dan menunggu untuk mengejutkan kita.

Kepustakaan:

National Geographic Indonesia, Agustus 2009.

Macropinna microstoma (Wikipedia).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya