Seni Mengorbankan Anggota Tubuh

Serangga ini tampak aneh. Pada kakinya yang kurus itu tampak menempel sesuatu yang tampak mencolok. Sebutan populer untuk serangga itu adalah tungau berkaki bendera (flag-footed bug), nama ilmiahnya adalah Anisocelis flavolineata. Untuk apa evolusi menghasilkan kaki dengan bendera mencolok seperti itu?

Anggota tubuh yang mencolok pada hewan biasanya untuk memikat pasangan atau memancing mangsanya, tetapi seleksi alam telah menjadikan bendera pada kaki serangga itu sebagai pengalih perhatian hewan pemangsanya (misal burung). Ya, bendera merah itu adalah upaya serangga mengalihkan gigitan pemangsa agar mengenai kaki yang tidak terlalu penting, bukan bagian tubuh yang vital.

Evolusi & seleksi alam membuat kita terkejut & kagum pada seni mengorbankan bagian tubuh. Ekor cicak adalah contoh paling kita kenal dari seni itu. Betapa beragamnya seni & variasi makhluk hidup di alam. "Endless forms most beautiful" ("beragam bentuk tiada akhir, cantik nian"), demikian kata Charles Darwin si bapak biologi modern, dalam bukunya, The Origin of Species (1859).

Kepustakaan:

Natalie Angier, "Seni Tipu Muslihat" (National Geographic Indonesia, Agustus 2009).

Stanley A. Rice, Encyclopedia of Evolution (Facts On File Inc., 2007).

Komentar

  1. Buy a cheap cheap DIY Bluetooth earrings online
    Bluetooth earrings from T-Tech and ti89 titanium calculator get discount code. This titanium drill bits is a versatile earpiece titanium grey that can accommodate grade 23 titanium both your smartphone and titanium nipple bars tablet.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paus, Evolusi dari Ikan atau Mamalia Darat?

Mengapa Sudut Bukan Besaran Pokok?

Gerobak Bakso Mendorong Pedagangnya